Blogging / Online Marketing – Menjadi publisher iklan di dunia maya, terutama bagi blogger akan memberikan pengalaman tersendiri dan tentunya berpeluang untuk mendapatkan income tambahan hanya dengan menampilkan iklan di bagian tertentu di blog kita. Tapi tak jarang juga blogger yang terlalu bersemangat dalam memasang iklan sehingga halaman blog penuh dengan iklan dan jadi kurang sedap dipandang oleh pengunjung. It’s well, dan itu kebijakan pemilik blog yang notabene juga manusia seperti kawan-kawan yang membutuhkan materi sebagai sarana bertransaksi, terlebih lagi bagi sahabat blogger yang sudah menggunakan layanan hosting berbayar maupun yang sudah menggunakan top level domain (TLD) ataupun country code top level domain (ccTLD) seperti blog Prapto Sragen ini, tentu mereka harus menyisihkan sebagian uang untuk membayar sewa setiap tahunnya.

Masih banyak kawan-kawan dumay yang kurang menyadari akan kebutuhan sebagai blogger yang secara tidak langsung terkadang membantu kita (pencari informasi) dalam memperoleh informasi tertentu, bahkan banyak juga yang telah memasang program penghalang iklan (adBlock dan sejenisnya) untuk menghalangi munculnya iklan. Ayo lah kawan, dimana rasa terima kasih yang kita junjung tinggi di negeri ini, sahabat kita telah membantu memberikan informasi bagi kita, apa salahnya membiarkan iklan tersebut muncul sebagaimana mestinya, toh kalau kita tidak tertarik dengan iklan yang muncul, tidak ada kewajiban untuk mengklik iklan tersebut kan? Mari kita rubah cara pandang kita terhadap iklan di blog, biarkan saja mereka tampil seperti seharusnya dan tanpa perlu memasang penghalang iklan. Toh kalau memang informasi yang diberikan bermanfaat, kita juga yang di untungkan karena tidak perlu susah-susah mencari lagi.

Oke, cukuplah rasanya menyatukan sudut pandang kita disini, selanjutnya mari kita menuju ke topik pembahasan utama tentang berburu income dengan menjadi publisher iklan pay per click (PPC) dan sejenisnya.

Penyedia Layanan Publisher Iklan Populer

Yang pertama yaitu Google Adsense, merupakan provider periklanan dumay terbesar untuk saat ini dan dikelola langsung oleh raksasa mesin pencari Google sebagai salah satu bagian yang khusus menangani tentang iklan. Beberapa waktu lalu memang negara Indonesia belum di terima karena banyaknya kasus yang kurang sportif dan click fraud yang menyebabkan hal tersebut. Namun, sekarang kita bisa merasa lega karena pihak Adsense sudah mengizinkan iklan tampil di situs berbahasa Indonesia. Hal ini tentu menggembirakan bagi pemilik situs maupun blog sehingga mereka yang memiliki konten (tulisan artikel) berbahasa Indonesia, berpeluang untuk memperoleh pemasukan tambahan rezeki dengan menjadi Publisher Adsense.

Publisher sendiri merupakan istilah bagi pihak yang menjadi anggota layanan periklanan dan menampilkan iklan di situs-situs yang mereka miliki, sedangkan anggota layanan yang beriklan disebut sebagai Advertiser, seperti pada Google Adword.

Publisher google Adsense review
Penghasilan yang didapatkan dengan menjadi Publisher Google Adsense | internet

Untuk menjadi publisher Adsense, ada beberapa hal yang harus dipenuhi selain mematuhi Term of Service (kebijakan pelayanan) dan privacy policy (kebijakan privasi) dari layanan tersebut, situs yang diajukan harus memiliki usia yang lebih dari empat bulan dan memiliki konten unik (bukan hasil plagiat – copy paste) minimal sepuluh artikel. Selain itu, situs juga harus terdapat halaman profil yang memuat informasi tentang situs tersebut, halaman kontak yang memuat tata cara pengunjung menghubungi pemilik situs dan halaman yang kebijakan privasi bagi pengunjung situs. Setidaknya situs terus berkembang dengan adanya penambahan artikel tulisan minimal sebulan sekali.

Jika situs kawan dumay dirasa memenuhi dan siap mematuhi kebijakan penyedia layanan periklanan, silakan dicoba untuk mengajukan pendaftaran di url http://www.google.com/adsense dan lengkapi formulir pendaftaran sesuai dengan identitas diri yang kawan miliki. Tunggu balasan yang akan dikirim ke email perihal pengajuan menjadi publisher, dan jika belum diterima biasanya akan disertai alasan mengapa belum diterima. Lakukan perbaikan sesuai alasan yang disebutkan dan ajukan ulang setelah melakukan perbaikan. Sekedar saran bagi kawan blogger yang sudah jadi publisher layanan iklan lain, silakan lepas iklan-iklan lain dari situs sebelum mengajukan 🙂

Nah jika sudah berusaha tapi juga belum diterima, kawan blogger bisa mencoba alternatif kedua berikut ini. Layanan periklanan yang juga cukup direkomendasikan selain Adsense yaitu AdHits, layanan ini juga hampir sama dan juga telah menerima publisher dari Indonesia yang memiliki konten berbahasa Indonesia. Perbedaannya, pada layanan periklanan yang kedua ini kawan blogger bisa memasang tarif perklik ataupun per bulan. Ragamnya jenis iklan pun ada yang berjenis iklan teks dan iklan gambar maupun flash banner.

income from being adhitz publisher
Penghasilan Tambahan dengan menjadi Publisher AdHitz | internet

Blog Prapto Sragen sendiri juga menggunakan layanan periklanan Adhits ini walau sebenarnya sudah menjadi publisher Adsense, tapi entah kenapa setiap iklan dipasang disini selalu tidak muncul? Mungkin karena domain .my.id yang digunakan masih terbilang baru sehingga masih belum masuk kategori diterima walau sudah menduduki peringkat atas dalam pencarian Google pada kata kunci tertentu. Beberapa kawan blogger yang punya domain .my.id yang juga publisher pun mengalami nasib serupa, sehingga memutuskan mengimplementasikan layanan iklan AdHits saja sebagai penjaring income untuk mendukung dan meringankan biaya sewa hosting dan perpanjangan domain nantinya 🙂

Bagi kawan blogger yang tertarik atau mengalami nasib serupa, bisa mencoba mengajukan pendaftaran menjadi publisher di url http://www.adhitz.com/ atau bisa juga menjadi member IdBlogNetwork yang pernah ditulis di Mendaftar Publisher IdBlogNetwork.

#Okedeh, untuk kali ini cukup dua dahulu ya, lain waktu dilanjut lagi dengan beberapa alternatif layanan periklanan yang lain. Semoga bermanfaat!

By OmPrap

Aku adalah aku, bukan di atau mereka! Ketika aku telah berubah menjadi kita, itulah tanda Cinta mulai hadir diantara kita | Web Programer| #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | S1 PGSD UMS | Belajar jadi Guru SD | Freelance on IT Departement | Jalani waktu hidup yang tersisa dengan penuh rasa syukur | Belajar Ikhlas