Jalan Darat di Wilayah Gayo Lues Mantab!

#Road2Gayo – Alhamdulillah dapat kesempatan lagi untuk menulis kisah perjalanan #road2gayo lanjutan. Catatan perjalanan kali ini akan OmPrap rangkum jadi satu post hingga final saja, agar lebih mudah dalam penerbitannya. Oke langsung ke trip story-nya saja ya, untuk trip sebelumnya bisa dibaca di Pertama Naik Pesawat. Berangkat ke Blangkejeren, kabupaten Gayo Lues untuk menyerahkan berkas penetapan NIP di kantor BKPSDM setempat. Karena memang sudah direncanakan dari Jawa hendak merental roda empat dari kota Takengon agar lebih fleksibel dalam mengatur perjalanan yang singkat, OmPrap pun menggali informasi terkait rental mobil di kota dingin ini. Alhamdulillah, ada kawan kakak sepupu yang punya rental mobil dan bisa dipakai (makasih atas bantuannya bang, sehat terus pokoknya).

Perjalanan darat dengan mengemudi sendiri pun di mulai dengan melintasi jalur tengah dari Takengon menuju Blangkejeren. Jalan lintas yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat, terutama di kelok ise-ise. Tapi niat OmPrap berangkat untuk melaksanakan tugas (nyerahin berkas) sambil melihat langsung lokasi tempat tugas nantinya.

View Jalan Lintas Bukit Pantan Cuaca, Gayo Lues
View Jalan Lintas Bukit Pantan Cuaca, Gayo Lues

Perjalanan pun berlalu dengan lancar sampai di kota Blangkejeren. Proses medical check up yang diwajibkan bagi seluruh peserta seleksi untuk dilakukan di RSUD Gayo Lues pun berjalan lancar dengan keluarnya surat tanda bukti pemeriksaan kesehatan. Lanjut bergerak lagi mencari kantor BKPSDM yang ternyata komplek perkantoran dinas ada di area perbukitan (salah satu istimewanya kabupaten ini, banyak bukit-bukitnya)

Masih ada data soft file dokumen yang tertinggal di Jawa, mumet po ra gaessss!!! Tapi alhamdulillah, karena komputer di rumah bisa terkoneksi ke internet sehingga bisa di-remote jarak jauh untuk kirim berkas dan di unduh dari sini. Alhasil semua soft document berhasil di burning ke dalam CD karena OmPrap sengaja bawa DVD burner portable saat itu. Ya, semua dilakukan di depan kantor untuk fleksibilitas waktu dan biaya wira-wiri he he he…

Kelengkapan berkas sudah aman dan tekondisikan, bukti penyerahan pun sudah diterima. Sekarang saatnya lanjut lihat lokasi tugas di kampung Persada Tongra kecamatan Terangun kabupaten Gayo Lues. Percayalah, OmPrap baru pertama kali ke tempat ini dan betul-betul belum tahu kondisi alam, kontur jalan dan karakter masyarakatnya, pokoknya bismillah gaaasssss berangkat.

Kampung Terujung Barat Gayo Lues

Dokumentasi Perjalanan Darat Menuju Kampung Terujung
Dokumentasi Perjalanan Darat Menuju Kampung Terujung

Amazing sob, semua diluar ekspektasi dengan kontur jalan pegunungan (bukan lagi perbukitan) sedangkan mobil rental yang di bawa adalah tipe city car sigra/cayla yang ground clearance rendah plus berpenggerak roda depan. Yang paham otomotif pasti ngerti kek mana sensasi dan tantangannya.

Alhamdulillah lancar tanpa kendala hingga sampai di wilayah Tongra menjelang maghrib. Singkat cerita kami pun menginap di tempat warga yang ternyata kediaman kepala sekolah tempat tugas nantinya. Luar biasa memang rencana Allah SWT untuk OmPrap di seleksi tahun ini, unpredictable. Overall, masyarakat Tongra memang ramah-ramah sob.

FYI, Persada Tongra merupakan kampung terakhir di wilayah barat kabupaten Gayo Lues di jalan lintas antar kabupaten yang menghubungkan dengan Aceh Barat Daya. Jika melintas di jalur ini, setelah Tongra sobat akan memasuki hutan belantara hingga mendekati jalan lintas barat sumatera baru ketemu kampung lagi.

Alhamdulillah, Sampai di Kampung Tongra adalah Anugerah Hidup
Alhamdulillah, Sampai di Kampung Tongra adalah Anugerah Hidup

Setelah semua agenda tercapai dengan luar biasa dan di luar rencana, kami pun kembali ke kota dingin Takengon. Mudah-mudahan OmPrap dapat di terima masyarakat kampung Tongra dan mampu mendedikasikan diri untuk mengabdi pada negara disana. ‘Berijin’ atas keramahan Tongra dan Bapak Kepala Sekolah SDN 9 Terangun.

Selang dua hari di kota dingin, OmPrap pun kembali terbang ke rumah untuk mempersiapkan segala sesuatunya saat panggilan tugas tiba. Untuk keindahan alam tanoh Gayo akan dipublish dalam artikel yang berbeda walau sebagian sudah terbit di instagram @praptoari maupun channel youtube OmPrap. See you on the next trip sob, sehat bahagia selalu untuk Anda semua.

You May Also Like

About the Author: OmPrap

Aku adalah aku, bukan di atau mereka! Ketika aku telah berubah menjadi kita, itulah tanda Cinta mulai hadir diantara kita | Web Programer| #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | S1 PGSD UMS | Belajar jadi Guru SD | Freelance on IT Departement | Jalani waktu hidup yang tersisa dengan penuh rasa syukur | Belajar Ikhlas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.