Selamat pagi sobat dunia cyber, awal hari yang cerah ini sedikit ingin berbagi tentang mega proyek tol Solo Kertosono (Soker) yang kebetulan dekat dan mudah diakses dari lokasi tempat tinggal. Memang sih dapat dikatakan kalau proyek tol Solo Kertosono yang merupakan rangkain dari Jalan Tol Trans Jawa yang digadang-gadang pemerintah ini masih belum banyak diketahui progres pelaksanaanya.

Hal tersebut bukan karena tak adanya greget sosial serta gejolak ganti-rugi yang sering mengiringi disetiap upaya pembebasan tanah untuk proyek tol, tetapi karena sebagian besar masyarakat teralihkan dengan pelaksanaan mega proyek tol Semarang Solo yang juga sedang berlangsung.

foto jalan layang tol solo kertosono
Jembatan Layang Tol Solo Kertosono di desa Kemiri, Kebakkramat | prapto

Bisa dikatakan pula jika wilayah Solo dan sekitarnya untuk saat ini sedang ada dua mega proyek tol yang sedang on progres (berlangsung) tahap pembangunannya.

Berhubung sedang dalam suasana liburan dan ditambah dengan rasa penasaran saya terhadap proyek tol Solo Kertosono ini, jadi hari ini saya berinisiatif untuk solo touring dengan mengunjungi lokasi-lokasi mega proyek tol tersebut.

Berawal dari perempatan Kebakkramat, saya menelusuri jalan kampung yang mengarah ke Barat dari perempatan tersebut. Tepat sebelum pabrik kimia Acidatama, lalu saya belok kanan di pertigaan jalan kampung menuju arah Utara. Sekitar 800 meter dari pertigaan tersebut, akan tampak view proyek tol Solo Kertosono seperti pada foto di atas.

Proyek Tol Solo Kertosono yang tampak pada foto di atas terletak di desa Kemiri, kecamatan Kebakkramat, kabupaten Karanganyar yang berwujud jembatan tol melintang di atas sungai Bengawan Solo.

Setelah cukup puas menikmati suasana pemandangan Gunung Lawu dari atas Jembatan Proyek Tol Solo Kertosono yang begitu menakjubkan. Saya pun melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan desa Karangturi yang berada di sebelah Barat jembatan itu.

Tujuan saya adalah untuk menembus perkampungan dengan terus menuju arah barat hingga masuk wilayah Mojosongo dan terus berlanjut hingga ketemu dengan jalan raya Solo Purwodadi. Di lokasi yang kurang lebih berjarak 1,5 km dari proliman palang pintu Joglo (Nusukan/Barat kampus UNISRI), di jalur Solo Purwodadi teman-teman akan mendapati beberapa gelintir tiang penyangga jalan Layang yang merupakan proyek tol Solo Kertosono.

Di sinilah tujuan saya berikutnya untuk menyaksikan keberlangsungan mega proyek tol Solo Kertosono (SOKER) dengan mata telanjang. Selanjutnya biarkan foto yang bercerita ya 🙂

jembatan layang tol soker
Jembatan Layang Tol Solo Kertosono di jalan raya Solo Purwodadi | prapto
jembatan layang tol solo kertosono
Jembatan Layang Proyek Tol Solo Kertosono bagian Utara | prapto
foto cikal jalan tol solo kertosono
View Tol Solo Kertosono di daerah sekitar Mojosongo | prapto

Bagaimana? Cukup megah dan di luar pantauan bukan untuk progres pelaksanaan dari Mega Proyek Tol Solo Kertosono ini. Seperti yang kita ketahui bahwa ujung Barat dari calon jalan tol Solo Kertosono ini terletak di wilayah Kartosuro, dan sudah berapa kilometer kah panjang jalan tol ini jika diukur hingga tempat di atas? Progresnya cepat bukan 🙂

Perkembangan terbaru bisa di artike yang berjudul Pembangunan Tol Solo Ngawi Dimulai

By OmPrap

Aku adalah aku, bukan di atau mereka! Ketika aku telah berubah menjadi kita, itulah tanda Cinta mulai hadir diantara kita | Web Programer| #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | S1 PGSD UMS | Belajar jadi Guru SD | Freelance on IT Departement | Jalani waktu hidup yang tersisa dengan penuh rasa syukur | Belajar Ikhlas