Wisata – Pantai Klayar Pacitan memang sedang menjadi idola beberapa tahun terakhir, terlebih setelah bapak Presiden SBY “pulang kampung” dan singgah di pantai nan eksotis dan indah ini. Hamparan pasir putih yang akan kita jumpai saat memasuki kawasan pantai, memang benar-benar memanjakan pelancong yang pernah berwisata kesana. Tak cukup sekali, banyak pengunjung yang mengatakan bahwa suatu saat nanti mereka akan berkunjung kembali ke pantai Klayar Pacitan ini.




Pantai Klayar Pacitan terletak kurang lebih 45 km arah barat kota Pacitan provinsi Jawa Timur. Jika hendak mengambil rute perjalanan wisata dari Yogyakarta yang berjarak sekitar 110 km, dapat ditempuh dalam waktu sekitar empat jam. Perjalanan menuju lokasi pantai pasir putih ini memang membutuhkan perjuangan dan harus ekstra hati-hati karena jalan yang sempit dan di beberapa bagian berlubang. Selain itu, banyak tikungan tajam dan tanjakan serta turunan cukup curam. Ada beberapa ruas jalan yang berbatasan langsung dengan tebing dan jurang, sehingga membutuhkan kewaspadaan penuh saat perjalanan. Namun, perjalanan menuju pantai berseruling laut yang cukup memacu adrenalin ini akan terbayarkan dengan keindahan alam saat tiba di lokasi.

Ombak Besar pantai Klayar Pacitan
Pasir Putih dan Ombak Besar pantai Klayar Pacitan nan Menggoda | dok. qulis.net

Okay, I will tell my story when visit this tourism spot. Setidaknya sudah dua kali berkunjung ke obyek wisata pantai Klayar Pacitan ini, dan kebetulan pas acara liburan pergantian tahun 2011/2012 (bersama pasangan dan kawan kampus) dan tahun 2012/2013 (bersama kawan sekampung). Awalnya sih cuma iseng saja ingin touring bersama teman kampus, setelah koordinasi akhirnya di putuskan untuk mengajak pasangan masing-masing dan berboncengan pakai motor (biar lebih romantis katanya). Karena memang belum tahu daerah Pacitan, Jawa Timur, kami pun lanjut berburu informasi dan melakukan kalkulasi akomodasi saat berlibur disana nanti.

Well, paling penting ya tentu cari tempat penginapan (hotel/homestay) karena membawa pasangan yang tentu ribet jika tidak mendapatkan penginapan. Setelah cukup mengumpulkan informasi, satu persatu kontak homestay yang didapat coba untuk dihubungi untuk memastikan ketersediaan kamar, informasi harga sewa per malam serta informasi tambahan lainnya. Ada banyak lokasi homestay di kota Pacitan yang bisa di temukan di internet, tapi kami memilih menginap di Homestay Dewi Sri yang terletak di jalur pintu masuk pantai Teleng Ria Pacitan.

Penginapan (Homestay) Dewi Sri di jalan Teleng Ria, Pacitan
Penginapan (Homestay) Dewi Sri di jalan Teleng Ria, Pacitan ini Murah dan Bersih | dok.yogyes.com

Singkat cerita kami memulai perjalanan dengan menempuh rute Solo – Sukoharjo – Wonogiri – Pacitan dengan tujuan pertama yaitu pantai Klayar Pacitan ini. Alasan utama memilih pantai Klayar sebagai tujuan wisata pertama adalah lokasinya yang berada paling barat pada rute yang di ambil dari semua obyek wisata tujuan yang telah di rencanakan. Dengan asumsi berangkat dari Solo sekitar pukul 10.00 WIB, maka dapat sampai di pantai Klayar Pacitan pada pukul 15.00 WIB, setelah itu baru menuju kota Pacitan tempat penginapan yang sebelumnya telah kami booking dua kamar dengan harga sewa per malam Rp 100.000,- (harga khusus liburan tahun baru, hari biasa lebih murah).

Bersambung ke kisah disini <<

By OmPrap

Aku adalah aku, bukan di atau mereka! Ketika aku telah berubah menjadi kita, itulah tanda Cinta mulai hadir diantara kita | Web Programer| #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | S1 PGSD UMS | Belajar jadi Guru SD | Freelance on IT Departement | Jalani waktu hidup yang tersisa dengan penuh rasa syukur | Belajar Ikhlas